Tengkulung Village

Minggu, 28 Oktober 2012

Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi, atau oleh penduduk lokal juga disebut dengan Pantai Bilik, merupakan salah satu lokasi yang muncul dalam Film Laskar Pelangi maupun Sang Pemimpi.  Terletak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Tanjung Tinggi hanya berjarak sekitar 2 KM dari Pantai Tanjung Kelayang, di Desa Keciput Kecamatan Sijuk.












Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih halus, dihiasi tebaran ratusan granit raksasa, dengan air laut berwarna biru kehijauan serta berombak tenang karena pantai ini merupakan sebuah teluk kecil sepanjang <+ 100 meter yang diapit oleh 2 semenanjung. Batu-batu granit yang ada di kawasan Tanjung Tinggi dapat berukuran beberapa ratus kubik. Tumpukan batu-batu granit membentuk bukit-bukit di sepanjang pantai serta lorong-lorong maupun gua-gua kecil dan menyekat-nyekat pantai Tanjung Tinggi. Pengunjung Pantai Tanjung Tinggi selain dapat bermain dengan pasir putih yang lembut atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, juga dapat melewati lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi serta berpose untuk diabadikan dengan kamera.
Di Pantai Tanjung Tinggi juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu makanan laut dan kuliner lokal seperti "gangan" serta minuman kelapa muda. Warung-warung makan tersebut dikelola oleh masyarakat desa Tanjung Tinggi yang ramah. Tidak jauh dari Pantai, terdapat fasilitas resort berbintang.
Jika meneruskan perjalanan ke timur laut dari kawasan Tanjung Tinggi menyusuri jalan raya, pengunjung dapat melihat Kelenteng Sijuk dan masjid Al Ikhlas, salah satu masjid tertua di Belitung. Setelah itu, dapat meneruskan perjalanan menuju Kampung Bali, sebuah desa Bali di Pulau Belitung, serta menuju kawasan konservasi Gunung Tajam tempat pusat penangkaran Tarsius Bancanus Saltator, binatang khas di Pulau Belitung yang disebut penduduk lokal dengan Pelile'an, yang dikelola oleh NGO setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar